Perang bintang 1000cc – YZF R1,CBR, ZX10R & GSX, siapa yang terbaik?…
Pagi Masbro…Siapkan kopi dan cemilan, kita bahas komparasi seru dari MOTORCYCLIST, review 4 motor jepang kasta tertinggi dari masing-masing klan, yaitu Honda CBR1000RR, Kawasaki Ninja ZX-10R, Suzuki GSX-R1000, terakhir Yamaha YZF-R1 – The Big Four, Siapa yang gak tau dominasi Jepang di industri SUperbike selama beberapa priode ini, dimulai dengan 2strok tahun 1960 kemudian dilanjutkan dengan tehnology yang tak terbendung.
The Big Four sebelumnya dimenangkan oleh CBR1000R tahun 2008 dan kemudian dimenangkan oleh Yamaha YZR-R1 untuk tahun 2012, karena membuat sebuah gebrakan dengan di benamkannya tehnology control traksi!, wow tehnology motogp, kini harus menghadapi GSX-R terbaru dan ZX-R.
Sebenernya masalah Spesifikasi kempat superbike ini tidak terlalu berbeda, baik itu mesin secara bore/stroke, harga, daya, dan chassis geometri, perbedaan besar hanya pada di elektronik, ZX-10R dan YZF-R1 telah memulai dengan tahapan revolusi tehnology, CBR memulai dan GSX tidak…( pernah di bahas di Indobikers)
yuk ah kita check satu-satu:..
Honda CBR1000RR Lap terbaik: 1:54.13
CBR 2013 ini tidak banyak perubahan, Pembaruan meliputi roda baru dan suspensi, fairing dibenahi, speedo digital baru selain itu tidak ada perubahan signifikan pada model yang telah berulang tahun ke 20 ini. Meski begitu CBR terasa ringan dan paling kuat dijalan, bentuknya yang kompak dan nyaman dikendarai, mudah untuk cornering karakteristiknya menjadikan motor favorite, memiliki peak torsi yang besar, dan power di RPM rendah yang terbaik dipesaingnya,sehingga nyaman untuk jalan raya ataupun ditrack. Tenaga yang dihasilkan pun relatif lebih halus dan tidak menghentak!hanya saja perpindahan giginya tidak sehalus yamaha dan suzuki, mesin inline cbr ini mampu menghasilkan tenaga Terukur tenaga kuda: 150,3 bhp @ 10,600 rpm
Ukuran yang kompak, serta kursi yang nyaman membuat pengendara merasa nyaman, footstep yang tinggi dan kursi yang tinggi tidak menjadikan pengendara yang pendek tidak kesulitan, cocok banget buat kita-kita masbro!!!tetapi fairing yang kecil membuat hambatan angin lebih terasa. Perayaan 20th anniversary dihasilkan kombinasi warna yang menarik, grafis desain dan LCD yang modern.
CBR tidak memiliki kontrol traksi, tetapi CBR1000RR $ 13,800 bukan berarti tanpa alat bantu elektronik. IIC (Ignition Interrupt Control) dan HESD (Honda Steering Damper Elektronik) kedua fitur berguna. Gabungan ABS tersedia sebagai pilihan dengan tambahan $ 1000.
Kawasaki ZX-10R Lap terbaik: 1:53.13
Kawasaki Zx10R mengalami perombakan pada tahun 2011 hingga 2012, Ninja Zx ini masih menjadi mesin tercanggih dan termodern dikelasnya dengan berat hanya 440lbs setara 199Kg, mampu menghasilkan tenaga 157,9bhp pada 11.600rpm! superbike pertamakali yang menggunakan kontrol traksi S-KTRC, memungkinkan narik gas sekuat-kuatnya!, dengan 3 mode, Full,Middle dan Low.
Untuk Ergonomi sendiri sedikit aneh tapi menyenangkan, karena motor terasa panjang dan rendah, dan fairing yang cukup tinggi membuat angin tidak terlalu terasa pada pengendarq. Benar-benar Motorsport modern spion berbentuk baru, Warna Led yang meriah pada speedo hanya saja warna kuning yang mengganggu.
ZX10R terasa seperti babyZX-14R, besar, stabil, halus dan sangat cepat, akan terasa saat anda menarik gas! Tenaga yang mampu melewati 9000rpm, akan terasa dijambak setan!!!, dengan menggunakan ban Bridgestone mampu mecetak fastest lap di 1:53.13 tepat 1 detik lebih cepat dari runnerup Honda. Apabila bertemu jalan lurus, siapkan trothel dan nyalimu….tapi inget keluarga dirumah aja masbro! tapi tenang aja masbro, aspek elektronik tingkat High akan tetap menjaga ban tetap pada jalurnya. Perpindahan tranmisi pada zx10R ini terasa halus.
Dengan dana $ 13.999 ZX-10R Tampilan dengan garis-garis kuat nan agresive menawarkan kekuatan besar, tetapi tidak terlalu berat dan Tehnlogy S-KTRC, melainkan juga satu-satunya sepeda dengan steering damper manual. Kawasaki Cerdas Brake System anti-lock dengan tambahan $ 1000.
Suzuki GSX-R1000 Lap terbaik: 1:54.33
Seperti halnya Honda, Suzuki tidak banyak membuat perubahan pada GSX1000R dalam beberapa tahun ini, hanya didesain ulang pada tahun 2009, adapun perubahan baru ini meliputi Ruang mesin lebih ringan, kompresi lebih tinggi dan revisi timming cam untuk meningkatkan daya diputaran menengah, serta menghilangkan muffler beralih ke brembo yang seblumnya Tokico, ini yang memungkinkan perbedaan dengan generasi sebelumnya.
Dengan Dimensi yang besar, namun kecil pada bagian tengah ( joknya mungkin), tangki bahan bakar yang besar memaksa kaki lebih keluar ( ngangkang kali yah..), tidak ada yang spesial dasboard terlihat datar, dan kualitas plastik yang terlihat cheap -murahan.
dengan mesin yang berkarakter sama seperti Honda, bermain di Midrange, namun terasa lebih lemah, putaran mesin akan terasa di 6000-7000RPM, tetapi akanmelemah di 8000RPM, puncak output tenaga yang dihasilkan adalah 155,2 bhp pada 11.800rpm, mampu mencetak fastet lap di 1:54,33 dengan mudahnya. Adapun tehnologi yang ada di GSX-R versi 2012 ini adalah Suzuki Ganda Throtlle Valve atau bisa disebut SDTV sistem bahan bakar injeksi yang dilengkapi sistem Suzuki Dual Throttle Valve (SDTV) sistem ini memakai throttle body 56mm yang dapat mengoptimalkan asupan udara sehingga tarikan bawah hingga menengah sangat responsif. Keluarga GSX R ini telah terkanl di arena ajang balapan, sperti superbike atau AMA.
Suzuki GSX-R1000 adalah Superbike paling terjangkau di $ 13.799. Satu-satunya peralatan elektronik yang yang dibenamkan adalah S-DMS (Suzuki-Drive Selector Mode), yang memungkinkan Anda untuk memilih dari tiga mode daya.
Yamaha YZF-R1 Lap terbaik: 1:54.84
Yang menarik dari YZR R1 adalah Yamaha menyediakan Sepeda motor dengan menggunakan teknologi turunan dari balap MotoGP. Pertama YZF-R1 diberkati dengan crankshaft Crossplane, desain yang dibuktikan dengan Valentino Rossi pada tahun 2004 dan kemudian diterapkan pada streetbike tahun 2009. Untuk 2012 R1 menerima kontrol traksi atau TC, selain elektronik yang dikembangkan dari kejuaraan tingkat dunia, versi terbaru ini dilengkapi pencahayaan LED letaknya sepanjang tepi bawah intake udara, semakin garang tampilannya.
Dengan suspensi yang lembut dan fairing yang tinggi memberikan perlindungan angin yang komprehensif, karena mengambil dari bentukan FJR1300 bukan R6. Karakter mesin yang adiktif membuat R1 salah satu motor favorit, Twist Throttle – Betotan gas dalam setiap gigi dan dengusan mesin Crossplae membuat semakin percaya diri masbro!!! melaju bagaikan lokomit kereta..( walah). tetapi dengan motor yang besar dan lebar membuat motor terasa berat, bobot 475-35lbs setara dengan 215,5 kg lebih berat dari zx sekalipun, diperparah dengan ukuran fairing yang setengah lebih lebar dari cbr, belom lagi panasnya kenlpot yang sudah di reduce dengan cover dan gas trothle yang sangat menghentak cukup menggangu, sekalipun dites dengan mode standar, cukup dengan mode B tenaga akan membumbung tanpa perlu menggunakan mode A ( ultra). Dengan dibekali 6 piston, kaliper rem sumitomo dan slipper clutch dapat mengurangi gejala slide saat memasuki tikungan.Traction COntrol System Yamaha (TCS) terbukti lebih baik dari pesaingnya, menawarkan tingkat sensitivitas yang tinggi. Dengan segala fitur yang mengesankan dan tehnologi yang ditawarkan tidak menjadikan motor ini sebagai paket sempurna.
Livery Merah-putih 50th anniversary livery cukup nambah $ 500 dari $ 13.990 harga dasar YZF-R1. Permainan warna dan grafis khusus tampak hebat
And the winner is…..(kesimpulannya)
Kawasaki ZX1000R, Tim Hijau ini bekerja sangat baik, Mesin paling halus dan canggih, terbukti paling mudah dan kuat, kelenturan chassis, kawasaki telah berinventasi cukup besar, dan terbayarkan, ZX-10R ini memberikan semua keinginan para biker! baik itu dijalanan umum atau di sirkuit.
semoga berguna, maap-maap kalo ada typo atau kesalahan…semoga berguna, enjoy ah!
October 17, 2013 at 7:04 am
vote GSX donk
http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/10/17/kembalikanlah-cbr-sebagai-full-sport/
October 17, 2013 at 7:08 am
hahahaha…baca dulu masbro….sebernya ada tulisan gini disana suzuki GSX terjebak dalam jaman batu…hahahaha
October 17, 2013 at 7:08 am
ane suka gsx kok
October 17, 2013 at 7:13 am
kalo liat langsung emang keren banget sih masbro…
February 11, 2014 at 7:59 am
yamaha R1 kalo sudah full spek balap ngacir bangt..
kaya waktu dipake ben spies
October 17, 2013 at 7:07 am
semua joss om.. tapi sayang suara dari mesinnya r1 kurang halus.. tak sehalus bodynya
October 17, 2013 at 7:08 am
kalo kata orang bule,,selain ada yang bilang mirip lokomotif dibilang juga kaya mesin jahit….wakakakaka
October 17, 2013 at 7:09 am
wekekekekeke bener jugaa sih . .
weladalahh
October 17, 2013 at 7:08 am
bawah ane mahoo cuuy
October 17, 2013 at 8:39 am
baru lihat fotonya aja udah seneng zx10r
tapi gsxr1000 jg keren, kalau teknologinya lebih modern mungkin bisa jd runner up
kalau cbr dan r1 designnya terlalu kalem
October 17, 2013 at 8:45 am
yah ZX bener2 agresive bodynya….
October 17, 2013 at 9:02 am
Hmm..mau pilih yg mana ya?lapangan bola y blm laku.haha
October 17, 2013 at 10:06 am
beli anakannya aja masbro, NVL, PNS, CB, atau TS125…hehehehe
October 17, 2013 at 10:27 am
anakan downgrade 10 kali lipat
October 17, 2013 at 10:37 am
@sebul
seengaknya logonya pan sama tuch masbro….tinggal dirumah dipasang aja posternya….ngelesnya : gw ada dirumah tuch GSX…kalo harian yah ini…nunjuk TS125..hehehe
October 17, 2013 at 10:00 am
om disitu kok gk dicantumin CBR bisa tmbus brp hp??
October 17, 2013 at 10:03 am
oooh iyah makasih bro koreksinya, ntar gw masukin…tapi tenang2 CBR runnerup dalam hal fastest lap…ciamik kan..
October 17, 2013 at 10:31 am
Urutan pembahasannya alfabetis ya..kirain dari lap time-nya..
Ane vote CBR aja deh, apalagi kalo pake livery repsol dapet tambahan 10 hp jadi 160 hp, hahahaha
October 17, 2013 at 10:35 am
ohya alpabhet yah…tapi cbr urutan kedua kok laptime….nanti next artikel berisi tentang power dan specnya deh….takut kepanjangan…..
October 17, 2013 at 10:45 am
Pilih ZX-10R aja lah yg lagi naik daun di WSBK.
Tapi ZX-10R kurang cakep buntut & knalpotnya. Okelah knalpot bisa diganti. Tapi kalo buntut agak susah
October 17, 2013 at 11:21 am
Pilih GSX-R, keren banged…
October 17, 2013 at 11:22 am
Pilih yang paling lemot,,, kan turunan motogp
October 17, 2013 at 12:06 pm
berarti R1 donk, lap time-nya paling lemot padahal udah pake fitur kontrol traksi, crossplane crankshaft..
teknologi motojipi yg membuat semakin ketinggalan
October 17, 2013 at 12:02 pm
Ane cbr1000rr ae(nek iso tuku) suka designya opo meneh nek di preteli + custom koyo sek dinggo wsbk…
October 17, 2013 at 1:21 pm
cbr 1000 pastinya
October 17, 2013 at 2:34 pm
jadi yg menng kawoskaki,nich 😉
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/10/17/kontroversi-menelepon-dengan-ponsel-di-spbu-bisa-menyebabkan-kebakaran/
October 17, 2013 at 2:57 pm
Makanya lorenso kalah pake teknologi motogp aja paling lemah syahwat
October 17, 2013 at 8:35 pm
Mantab reviewnya, Lap timenya di sirkuit mana om? Dg orang berbeda? Panigale kira-kira gimana kalau dikomparasi juga?
October 18, 2013 at 2:13 am
inih hanya big four japan, paling next baru test dynonya…kalo head2head ama eropa belom nemu sourcenya….thanksman dah mampir…
October 18, 2013 at 1:40 am
weh,,2
ane mau minang salah satunya ahh,,
October 18, 2013 at 5:42 am
Milih ZX10 walaupun buntut dan knalpot jelek. Kalo jagoan eropa diadu siapa pemenangnya ya? Untuk nglawan ZX10.
October 18, 2013 at 6:34 am
sementara sih di wsbk dan diatas kertas yah BMW..
September 26, 2014 at 12:38 am
untuk saat ini motor terkencang 1000cc itu MV Agusta F4RR . power mencapai 205HP. kalo WSBK pun yang juara Aprilia RSV4. bukannya kaoskaki ZX10R. mau lebih kencang lagi? ada MTT Turbine Y2K. mau lebih kenceng lagi? ada Dodge Tomahawk. tapi saya kira mtt dan dodge ga patut dikomparasi. hehehe.
October 18, 2013 at 7:27 am
harusnya klw ngetes 1 rider mas bro, lebih fair…
October 18, 2013 at 7:37 am
yang ngetes 4 orang bule kok, dan mereka melakukan secara bergantian…..
October 21, 2013 at 9:59 am
vote buat zx10 dan R1
kawasaki mukanya terlihat sadis layaknya pembunuh berdarah dingin
sementara yamaha tetlihat paling kejam dengan mata melotot
bbbrrrrrr…..!!!!
October 21, 2013 at 10:01 am
mata yamaha bener-bener mendiskriminasi yah masbro, Ganteng!!!
October 22, 2013 at 10:12 am
kawasaki mank top banget , yamaha udah kaya kuda liar gag friendly ma ridernya ,
October 30, 2013 at 8:09 pm
[…] neh nilai akhirnya..tebak tebak buah manggis…kalo disni https://wisnu3ds.wordpress.com/2013/10/17/perang-bintang-1000cc-yzf-r1cbr-zx10r-gsx-siapa-yang-terbai… tau kan siapa pemenangnya sekarang adiknya menyabet pole!!!….nah…sekarang silahkan […]
November 1, 2013 at 10:28 am
Mantabbbb
http://belitong.wordpress.com/2013/11/01/jika-scorpio-diskontinue/
November 1, 2013 at 9:53 pm
pernah baca juga ini lupa dimana, di tes di sirkuit
ZX-10R power pling besar dan teknologi paling modern disusul GSX-R1000, tapi fast lap CBR kedua karena sumbu roda CBR paling pendek jadi paling cepat ditikungan, R1 paling buncit karena umurnya paling tua tapi masih jadi motor 1000cc paling nyaman dikendarai karena TC dan crossplanenya
November 2, 2013 at 12:48 am
R1 tehnology nya termasuk plng advance loh masbro… Sayang kyanya plng mahal…
February 12, 2014 at 5:27 am
sory to say bro. sy pakai r1 tahun 2009klu thun 2014 lg la power xdek sebarang masaalah overoll sy bg 95% best la klu knalport xpanas pun full carbon klu nk sound garang tukar la exhoust la hehe cume throttle die ringgan siket klu x pandai gas bahaye standrt la kn moto konsep gp hehe
November 4, 2013 at 2:31 pm
bedanya apa dengan CBR 1000RR yang RWB ini ya…? http://imguol.com/blogs/36/files/2011/08/31.jpg
November 4, 2013 at 4:33 pm
Beda apanya masbro…spek mah sama aja keknya… Beda di colouring aj?…yasalah marketing…
November 8, 2013 at 2:24 am
Kalau mo perbandingan yg sudah mendunia ya di moto gp…..kemana tuh kawak …balapan dilaut kali jadi tenggelem…..
November 8, 2013 at 3:53 am
diwsbk jurdu kok masbro..wsbk kan motor masal dimodif…
November 8, 2013 at 4:50 am
ZX10R emang dahsyat masbro… motor juara 2013 gitu loooh
November 8, 2013 at 6:30 am
yoi mas brooot…
November 11, 2013 at 8:40 am
[…] https://wisnu3ds.wordpress.com/2013/10/17/perang-bintang-1000cc-yzf-r1cbr-zx10r-gsx-siapa-yang-terbai… […]
November 29, 2013 at 4:51 am
milih ZX duonkkkk hehehe
November 29, 2013 at 6:29 am
woww…siap2 naek kelas nih pakdebro…….
November 29, 2013 at 10:41 am
pilihan tepat!….
January 16, 2014 at 11:11 pm
Gan mungkin lbih tau, mau tnya. Sya 6bln bli motor ninja zx-1000rr. Sya geber smpe 250km/jam waktu pertma beli dlu d trek juanda lama (bandara yg udh gk kepakek).trus typ hour sya bawa normal. Trus kmaren sya geber lg d juanda lama tp nyampe 220km/jam mesin tiba” mati trus pas turun d 200km/jam mesin hidup lg dngan sndirinya. Itu mesinx knp y gan? Mohon pertolonganx gan stiap sya bwa k bengkel blum d coba sang otomotif gk berani otak atik motorx takut malah makin parah
January 17, 2014 at 7:13 am
wah kurang paham masbrot…coba tanya ke mbah dukun dia ahli moge…tau kan indobikersmags ini link nya, boleh masbro di shar via email beserta fotonya, kali aja bisa dibantu kirim ke CS kawasaki, atau diemail ke mbah dukun…… ini blognya
http://indobikermags.com/
January 30, 2014 at 4:17 am
FYI… untuk pabrikan jepang, tahun 2012 itu yang juara CBR, bukan R1 versi motorcyleusa.com
http://www.motorcycle-usa.com/9/13481/Motorcycle-Article/2012-Superbike-Smackdown-IX-Track.aspx
http://www.motorcycle-usa.com/9/13348/Motorcycle-Article/2012-Superbike-Smackdown-IX-Street.aspx
January 30, 2014 at 4:25 am
terimakasih masbro infonya…..
March 4, 2014 at 8:50 am
ZX10R paling mantappp masbroooo…
March 4, 2014 at 8:52 am
setuju masbro!….
May 17, 2014 at 1:39 am
Mnurutq..
ZX10 smpurna boss,yg blang ekor n knlpotx jlek tuh GoBLoK!!
GSX lmayan kren..
Klo r1 knlpotx d bwah psti lbih ckep tuh..
Spapun pmnangx ttep CBR yg trbaik n trhebat.. hehehe.. 😉
July 2, 2014 at 5:59 pm
Yg laen bisa di banga2in. Tinggal joki nya berani ga .. Gua ttep banggai’in YZF R1 gua yg udah bukti’in. Emng cbr lampu keren. Tapi gua ga tertarik. Jagoan gua R1
July 10, 2014 at 12:01 pm
nggak bakalan kebeli nih super bikes.mupeng bangat saya 😦
September 6, 2014 at 5:05 am
Suara R1 emg ga lembut seperti motor motor pesaingnya karena udh pake turunan teknologi mesin moto gp, coba aja bandingin R1 sama M1 atau sama motogp yg lainnya…
Dari segi mesin memang midlle, tp di dukung dengan teknologi2 yg lain kaya TC dll, kalo maen di sirkuit pasti paling oke meski di tes sama rider yg sama.
January 18, 2015 at 4:56 pm
aku suka honda no 1
June 27, 2015 at 3:49 pm
gsx juara fim endurance 16 kali…juara mesin tahanan banting/bandel 24 jam non stop…honda 9 kali,kwk 7 kali, ymha 4 kali…1980-2014…”suzuki is the best”
October 1, 2015 at 10:03 am
keren reviewnya, sampai2 ada kata yang DIJAMBAK SETAN di review Kawasaki Zx10
December 10, 2015 at 3:02 pm
[…] Source […]
March 24, 2016 at 5:41 pm
gass pak deee
January 9, 2017 at 2:20 am
nice post….. kunbal ya http://irvansidiq.blogspot.co.id/2017/01/spesifikasi-dan-harga-kawasaki-zx-10r.html