My yamaha NVL -10 Bulan, 4540 KM mengalami Aki Matot aka “Low Bat”
Mo curhat dikit masbro…
de kronologis
04/11/2013 – 09.30
Seperti biasa gw melakukan aktifitas kerja, tidak terjadi apapun – hidupkan motor,,,nguiiing starter tunggu 10- 30 detik baru jalan, sebelum kerja gw ngisi bensin dulu di pom merah, biasanya sih pom kuning,,,hehehe…pertamax 80rbu, karena masih ada 3 bar, daripada luber mending kurang dikit, sebagai catatan gw selalu mengisi ketika bar fuel masih tertera tiga.
04/11/2013 – 19.21
Sebenernya hari itu gak da kerjaan banyak jadi gw bisa bikin 1 artikel, dan niatnya mo pulcep alias tanggo, salah satu temen gw minta instalin windows. so abis makan gw pulang deh…pas gw dah siap gw puter kunci kontak si Nevil, kok lampu kuning berkedip,,,wah! gak beres nih- besok kudu keberes, tapi abis berkedip 6-7x, motor gw sela pake kick starter kembali normal…panasin sekita 2-5menit, mudah2an aman ampe rumah..( secara motor belom ada setahun masbro!) ohya hari ini tidak ada hujan atau badai, hari berjalan seperti biasa..
sedikit flashback, Nevil gw dah 2x eror di starter, gak bisa starter tapi bisa kick starter, dan bisa jalan selama 2 minggu, ngidupinnya pake kick starter, tapi dibawa ke beres, yah lancar maning!
04/11/2013 – 19.30
gw jalan seperti biasa 40-50kpj, ketika mo nyebrang…cesss..motor mati..wtf, saat itu untung jalan gak terlalu rame, tapi lumayan diklaksonin juga, gw minggir kejalan, gw coba sela pake kick starter, motor gelap gak ada cahaya sama sekali, akhirnya gw telpon kawan gw, dan motor pun di pancal ke kantor, gw seacrh di google..sepertinya masalah aki…
04/11/2013 – 22.15
akhirnya motor di pancal pake supra, dari kantor ke rumah, melalui sunter. dengan kecepatan 20kpj. untung ada yang mo baik hati
neh…hahaha..
05/11/2013 – 10.00
Setelah sarapan, gw agak pesimis nih Beres ada yang buka gak yah,,gw ngider dulu pake vario, ternyata buka, akhirnya gw dorong neh Nevil, lewat belakang masbro, lewat jalan raya rame…malu haha..jadi inget jaman smu dlu motor keabisan bensin,,, gara-gara malu lewat depan rumah kecengan, akhirnya lewat kampung..hahaha
Ohya pas dijalan ada gerombolan anak motor 150cc, salah 1 nya si SF..sayu-sayup gw denger kata ” low batt”…sial, gw nyengir-nyengir aja sembari keringetan…hahaha…
05/11/2013 – 10.–
Sampe diberes disambut dengan mbak-mbak…”matot yah mas”,,sambil ngos2an diliatin pengunjung..”iyee nih mbak”, si mbak manggil kepala Beres/ownernya sih kayanya. dialognya:
Gw: mati pak…
Si Babeh : oh aki mas…
GW: Lah baru masuk 10 bulan pak..
Si Babeh : banyak kok mas..
Gw : Walah…
Si Babeh : ada buku service mas,,,
Gw : oh ini pak….( sebagai catatan gw selalu mengikuti aturan dari buku service – oli pake standar, pas waktu bulannya yah gw service, gw gak pake acc apapun hanya ganti spion ama pasang tutup samping samping)
Si Babeh : mas ini motor di tinggal yah, hari ini libur, besok baru ambil akinya dari pusat, tenang ini garansi kok,minta KTP ama potokopi STNK…ohya minta no telpon seandainya sudah beres di check semua kami hubungi..
Gw : ooh oke pak,,saya nanti balik lagi…(untung Ijasah ama KK gak usah…. )
Gw pikir nih Beres Superb banget pelayanannya, gak banyak cingcong, langsung diladenin, selain itu mbak-mbaknya ramah dan manis-manis…recomended loh, satu lagi gw ngantri gak pake lama kalo service disni, beda di beres honda kalo beresnya bagus, antrinya bisa 3jam…gilingan gak…
06/11/2013 – 10.30
gw kerja pake vario..yah bayar parkir perjam deh…sembari nunggu telepun dari si mbak- mbak beres kalo motor dah kelar didiagnosis
Ohya gw nulis gini bukan buat BC yah, cuman buat perhatian pihak yamaha untuk mempertimbangkan menggunakan cpasitor bank, biar gak langsung pet byar!…suer agak bahaya kalo pet byar di tengah jalan..
neh tempat gw muter nyebrang…
FYI :
vario tech 110 : umur aki 2 tahun 3bulan
Honda Cs1 125 : umur aki 1tahun 9bulan
yamaha jupie mx old : umur aki 2 tahunan..( kurang lebih)
adakah masbro yang mengalami….
dibawa enjoy aja deh!…
November 6, 2013 at 5:44 am
CS1 ane umur akinya 3th
November 6, 2013 at 5:46 am
wowww 3 tahun…CS1 ane kayanya dlu selalu AHO masbroh….rutenya pun jauh kemang – tanjung priok….hehehe, satu lagi besi2 nya gak gampang karat kenapa yah?…
November 7, 2013 at 3:56 am
burhan gw beli 2008 sampe sekarang belum ganti.. sumpahhh
November 7, 2013 at 4:10 am
wowww-woowww…..5 tahun masbro!!!!……
November 7, 2013 at 5:33 am
cs1 ane tahan 4 th, kemaren akhir sep ’13 mati total belom diganti sampai sekarang, bugdet lom ada kemarin duluin ganti gear set dulu & ban belakang juga sama2 umur 4 th.
November 7, 2013 at 5:45 am
gak pake aksesoris apa2 yah masbroh…hehe aki kan cuman 125-175 yah,,,berarti pake kick starter dong….ban belakang pake berapa…pakein 120 masbro…ciamik loh..
November 6, 2013 at 6:11 am
wah udh soak y akinya. nvl gw udh10 bln masih ajib. km 17000.
November 6, 2013 at 6:22 am
woww 17K!!…g tw nih masbro…padhal selalu dipanasin 3-5menit lah…lagi didianogsa nih ama beres…ajiib
September 29, 2015 at 1:12 pm
Kenapa ya aki gua baru gnti mu lbrn skrng udh gk mau ngisi? Kiprok sdh tk gnti msh gk mu ngisi juga knpa ya?
November 6, 2013 at 6:54 am
Aki sijupe sexeh dari baru sampai 2,5 th. Tapi masih bisa dipancal.
November 6, 2013 at 6:56 am
iyah katanya aki kering mang std nya 1-2 thn yah….kayanya ada yang salah nih,…..
November 7, 2013 at 4:36 am
Si jupe sexeh bukan aki kering mas…
Burhan masih aki basaaaahhhh…. Haaaaaahhhhh….
_bau ga? 😛
November 7, 2013 at 4:38 am
baysah malah enak…bau-bau dikit lah…wakakakaka
oh basah toh akinya..
November 6, 2013 at 10:38 am
jupiter z burhan bulan 10-2009, aki masih oke sampai saat ini !
6 bulan sekali cek volume airnya, trima kasih.
November 6, 2013 at 12:25 pm
aki basyah lebih awet kayanya yah masbro…belom pernah pake aki basyah…
November 7, 2013 at 4:37 am
Punya saya brtahan 2,5 th gara2 ga pernah dicek airnya.tau2 dah kering. 😦
November 6, 2013 at 10:49 am
Jupiter Z 2004 punya saya klo ga salah Setahun plus… Tapi lom sampe 2 tahun…koit… Ini di rumah ada mio j yg katanya akinya cepet sowak ternyata dari bulan agustus 2012 mpe november 2013 sekarang ini masih tok cer… Semoga awet dech…. Oh iya aki jupe sekarang pake yuasa jenis aki kering… Alhamdulillah dah 1.5 tahun masih bagus… Biasanya sich 1.5 tahun dah nyusahin…mungkin untung2an jg kali yaa… Sekian… Hehehe
November 6, 2013 at 12:28 pm
iyeh nih masbro, untung2an juga sih….mudah2an setelah didiagnosa gak da kejadian byar pet lagi deh….kayanya sih untung2an juga…
November 6, 2013 at 10:58 am
mx old ku 4,5 taun mas.ga tau kenapa ko awet bener y trus vixi old nyampe 4 taun.drpada dipancal mending dijumper aja akinya mas lebih praktis
November 6, 2013 at 12:29 pm
dipancal..maksudnya di step gtu masbro….bis dikantro juga pada bingung…pada belom pernah jumper motor pula…
November 6, 2013 at 11:55 am
msh mnding ente gratis bos…ane kudu beli akinya,kt’y udh ga garansi…sm mslh’y aki nya soak??
jd ngeri kl mti lg ngbut….
November 6, 2013 at 12:30 pm
pake aksesoris macem2 kali masbro…gw sih gak ada yg diganti satupun kok…ngeri masalah kelistrikan…abis neh injeksi pertama gw…hehehe
November 6, 2013 at 12:04 pm
old vixi ane akinya dah berumur 3thn,masih jos gan.dr awal beli dah ane beliin xcs stabiliser.bunyi fuelpump msh mantaffff…
November 6, 2013 at 12:31 pm
ntar deh setelah garansi listriknya abis…3 tahun masih ngiung yah… g AHO kali masbro…
November 6, 2013 at 12:10 pm
pulsar 180 udah 2 tahun msh jos.. tanpa kick juga, tahun prtama jarang d pake. agak ngedrop. pas sering jalan jd normal lg 😀
November 6, 2013 at 12:35 pm
woww pulsar emang badag,,sayang aftersalesnya kurang yah masbro…kaya punya sodara….aki ternyata krusial bngt…
November 6, 2013 at 12:59 pm
mtr msh standar pabrikan gan…lom di apa”in…mlhan pny ane kt mknik beres mesin nya jg dh kena,seher,ring sher kt’y lah…pdhl tu mtr br Km 4578 tepat 10bln kmrn tgl 30 okt
November 6, 2013 at 1:19 pm
wow…yang bener gan….agan sering betot2an gasnya atau sering maen RPM tinggi….gw sih jarang gan maen RPM tinggi….mudah2an mesin gpp..
November 6, 2013 at 1:04 pm
nmp 3 tahun masih awet… malah jarang sekali pake kick starter,pagi keluar kandang lansung pencet electric starter..
November 6, 2013 at 1:20 pm
pake dipanasin gak masbro?
November 7, 2013 at 2:12 am
msksimal 1 menit… saat dipanasi 10 detik saya narik kopling mesin lansam,biar oli menyusup sempurna
November 6, 2013 at 1:11 pm
malah pake aksesoris led sein 6 biji plus variasi led neon kayak mobil di too fast too furious dan paling terakhir lighter buat ngecas andro dan bakar rokok.
http://nanared.wordpress.com/2013/03/02/saya-pake-sein-8-bijibiar-lebih-safety-aja/
http://nanared.wordpress.com/2013/06/15/memasang-lighter-di-new-megashroudgak-takut-lowbatt-lagi-dijalan/
November 6, 2013 at 1:19 pm
sadis bngt acc…garansi ilang dong…
November 7, 2013 at 2:14 am
garansi kelistrikan cuma 1 tahun kalo gak salah..sekarang malah pengen lampu stop yg kayak f1,tapi belum sempat beli…..lebih enak pasang sendiri,kalo urusan mesin saya serahkan ke bengkel kawasaki teman,lebih akrab soalnya
November 7, 2013 at 2:49 am
iyah enak kalo udah akrab..hohoho..btw masbro pernah kasih salam tempel ke kepala mekanik gak…kalo cuman setahun gw insyaallah mo pasang adapter aaah…byar gak mendadak byar pet
November 6, 2013 at 1:27 pm
red nevil bln 1 skrg udah 25rb…. masih lancar jaya…
November 6, 2013 at 1:30 pm
kemana aja masbro?….jauh bngt…rata2 motor gw 20rbuan setahunan lebih…..
November 6, 2013 at 2:08 pm
mio j umur 7 bulan km 7000 an aki mati ti. langsung ke beres beliin saklar mio senyum sampe sekarang 1,5 th/ 21000 km aman jaya. bodo amat garansi yg penting gak was was dijalan.
pas dipasang ngobrol sama mekanik katanya garansi mah kebijakan SA aja kalo SA acc ya garansi jalan terus gimana kita ngakrabinnnya aja. tiap komplen sy ga pernah bayar mas tp serpis ya bayar. terakhir cangklong busi. baru tau cangklong busi garansi sampe 21K km. hahahaha
November 6, 2013 at 2:20 pm
cangklong busi karena iseng pengen ganti busi sendiri di bengkel temen. karena masi panas dan keras banget bukanya jadi tarik sambil goyang2in hingga akhirnya sukses ganti busi. eh habis itu tiap jalan diatas 60km/j tuh cangklong copot sendiri mas suer. akhirnya bawa ke beres langganan. free
November 7, 2013 at 2:51 am
cangklong busi gimana sih masbro..iyah tinggal gmn kita akrabin aja si kepala mekanik yah…ama temen2 mekanik gtu…hehehe
November 6, 2013 at 3:43 pm
http://kobayogas.com/2013/11/06/topi-baru-baby-shiro-z/
9 bulan lancar terusss. Jangan sampe deh, tar startnya kudu underbone kek old cbr dulu arangnya abis wkwkwkk…tiap pagi bini tercinta yang bantu dorong 😀
Eia dah lama nih ga berkunjung kesini hehehe
November 7, 2013 at 2:52 am
iya neh masbro kobays sombong banget…hahaha…motor injeksi gak bisa di underbone..maksudnya dorong masuk gigi kan..dah coba gak bisa…
November 7, 2013 at 2:54 am
Ah sumpe lo? Waduwww…karena ga nyimpen bensin kek di karbu kali yah…
November 7, 2013 at 2:55 am
hahaha….iyah kayanya sih…ati2 aja deh ama aki..
November 6, 2013 at 11:04 pm
lw betot gas sehh ga sering” amat…plng lw lgi jrk jauh ja & itu pun sktar 2 bln skli?
tpi yg aneh’y kt bngkel tmn ane yg pnggr jln,tu mtr ga knp”kt’y…jd galau ane gan??
November 7, 2013 at 2:54 am
beda mekanik beda saran kali yah masbro…
November 7, 2013 at 12:19 am
makanya pakai kebo, ups
http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/11/06/dorna-berpihak-pada-spain/
November 7, 2013 at 2:53 am
haha…kebo…..iya sih yang striping baru keren lagi..
November 7, 2013 at 12:43 am
cb kebo ya…psti lbh kuat dr macan tutul? ??
November 7, 2013 at 1:29 am
NVL jalan 4 bulan masih blm ada masalah… 🙂
tapi itu Beres keren amat yak, pelayanannya kilat abis….
November 7, 2013 at 2:52 am
wuiii..belom lagi igo2 nya masbro….ciamik lah!!
November 7, 2013 at 1:48 am
aneh gmn bos
November 7, 2013 at 4:13 am
wah..kasus besar ini 😉 *jika yg posting warungnya IWB…bakalan koboong… 😉
November 7, 2013 at 4:17 am
walah bukan kasus besar lah masbro, kata kepala mekanik juga ada selain gw kok…berarti ada beberapa keluhan….tampaknya…
November 7, 2013 at 4:40 am
coba kebo………… wkwkwkwkwkwkwkkw
November 7, 2013 at 4:45 am
berat yah masbro si kebo?
November 7, 2013 at 7:17 am
hri ini nevil ane msk beres lgi,gnti seheerr mdh”n cpt smbh biar hri mggu bs podium di valencia hehehe
November 7, 2013 at 7:25 am
lah kan diacil silinder…tapi buat pergantian semua free kan masbro…
November 7, 2013 at 7:54 am
yups msh free sehh cm nevil nya nginep…
November 7, 2013 at 9:43 am
parah jg ya.. ada kemungkinan kiproknya yang rusak (selaik akinya yg jelek) ?
November 7, 2013 at 10:09 am
jangan sampe deh masbro…mudah2an cmn aki doang…
November 7, 2013 at 10:03 am
bisa jdi bgtu…hemm??
aki soak,apa guna kick stater ya???
November 7, 2013 at 10:09 am
kayanya buat ngidupin dipagi hari…biar gak terus2an pake elecktrik starter….
November 8, 2013 at 3:54 am
Cepet amat soaknya
byson ane 2,5 sempe skr masih joss, odo 56rb KM
November 8, 2013 at 3:57 am
kagak ngarti dah masbro..pemakain wajar kok….
November 11, 2013 at 6:29 am
NVL ane umur 9 bulan odometer 5310km Alhamdulillah aki msh lancar jaya, msh aliran jamaah sutandariyah blm di modip, cuma di skotlet & pasang cover engine.
November 11, 2013 at 6:53 am
sama masbro…hehehe…lagi bad luck aja kayanya…hehehe
November 12, 2013 at 5:57 am
OV ane 6thn, aki gnti thn 2009 akhir (ada event, cm bayar Rp. 10000, lebih gde pula kapasitasnya, ya gk nolak lah…).
Dulu 2007 smpt pk klakson keong (6bulan, spul gosong), 2009 awal smpt gatel pk lampu 55watt (2 hari, reflektor leleh, gnti headlamp facelift) smp skrg kelistrikan standar… (Skrg + led cree 15 watt untuk bantuan pas mlm, headlamp off, cree on)
November 12, 2013 at 6:04 am
wowww…aki apaan tuch masbro…bisa awet banget….tapi itu dah AHO tuch masbro, kok awet banget, pake manasin tiap pagi juga…
November 12, 2013 at 6:01 am
Eh info tambahan, km motor terakhir 56000km++ (thn 2010)… Skrg si ov lbh bnyk tdur siang, soalnya skrg pk bebek gentong keluaran ahm (biar gampang nyumput/kabur dari kantor sngja beli motor yg “umum”)… Klo ov pk plat khusus, knalpot gde, velg gde, ada breket pula, susah mw membaur… (Mklum kota kecil)…
November 12, 2013 at 6:41 am
ahahaha bebek gentong…maksudnya ngabur- mabal yah dari kantor…mang pns yah masbro…wakakaka…canda bro, skrg dah jadi motor turing yah…56rbu…kemana aja masbro…gw paling top cmn 40.000 itu juga beberapa kali turing jawa – dlu pake cs1 sih..
November 12, 2013 at 6:20 am
NVL Putih ane baru 6bln ud 12000KM.
Uda di Pasangin Accesoris : Klakson Keong Merk FER, Lampu H4 Merk Philips 55w/60w, Saklar kiri ud di ganti jadi gk AHO lgi ( Masang di Beres, Konsekuensi nya Garansi kelistirikan ilang ).
Gk pernah Ngalamin Aki Tekor atau Mati tuh motor.
Mungkin Bro Dapat Aki merk Yuasa, mslah nya ada temen juga pkek NVL Red, kayak kasus bro.
Claim ke Yamaha di Ganti Aki GS.
Krn Yuasa kata kepala Beres, tegangan ny buat motor Moped/Matic.
Ohya Kata Teman ane Claim Garansi AKI Gratis kok gan.
November 12, 2013 at 6:50 am
sama kok masbro, gratis tis….NVL nya udah kemana aja masbro…sebulan 2000km tuch…wah kalo garansi kelistrikan ilang bahaya gak yah….pengennya sih gak aho juga masbro….cmn belom berani ah…nunggu setahun dlu…lagian gw plng takut macem2 ama kelistrikan masbro…hehehe
February 18, 2014 at 10:57 am
wew…kok jwbnya beda…nevil ane baru umur 10 bln..hr ini aki tekor katanya mekanik di beres malah biasa yamaha pake aki yu*asa krn dlu katanya pernah byk klaim waktu pake aki G* akhirnya yamahe kembali ke yuasa
February 18, 2014 at 12:02 pm
iya katanya merk yuasa yg bermasalh…gw juga gak paham masbro….yg awal apa akinya…pokoknya skrg tokcer…lumayan gratis sih…
November 13, 2013 at 6:05 am
I¡¦ve been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts on this kind of area . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this web site. Studying this info So i am satisfied to convey that I have an incredibly excellent uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most without a doubt will make certain to do not put out of your mind this web site and provides it a look on a constant basis.
December 17, 2013 at 12:58 am
ane lum punya motor injeksi! 😀
December 17, 2013 at 3:25 am
enak mas..irit tenan….
December 19, 2013 at 6:26 am
revo ane umur akinya 5 thn…trus ganti pake gs lg cuma sethn gara gara pake klakson keong.yg skrng bru 6 bln msh ok
December 19, 2013 at 6:34 am
gw gak pake apa2 masbro…ngeri….trauma ampir dilibas dari belakang…..kalo mati mendadak dijalan…
February 6, 2014 at 3:07 am
[…] https://wisnu3ds.wordpress.com/2013/11/06/my-yamaha-nvl-10-bulan-4540-km-mengalami-aki-matot-aka-low-… […]
February 6, 2014 at 4:22 am
hati – hati aja ada faktor lain..jangan kaya NVL ane..
====
http://motozhein.wordpress.com/2014/01/21/hindari-penyumbatan-filter-udara-pada-vixion/
February 6, 2014 at 4:27 am
weeeh….jgn lah masbro…
February 6, 2014 at 9:14 am
semoga,,hehe
February 19, 2014 at 9:13 am
12345 KM dalam 4 bulan
February 23, 2014 at 3:34 am
kalo mau jumper sesama motor cari yang punya aki gede, honda tiger ato scorpio juga boleh, lebih afdol bajaj pulsar 180, lampu motor donor di offkan, engine di start, nyalain kira2 2menitan, terus di jumper sesama aki, dengan koneksi paralell, start motor recipient, dengan kick starter jangan electric starter, kalo mau pake electric starter, motor donor harus di offkan dulu engine nya, gw pernah beberapa kali nemuin nevil kena kasus aki soak, ya pake cara di atas, lumayan bisa sampe tempat jualan aki
February 24, 2014 at 3:13 am
info yang bagus masbro….
February 23, 2014 at 7:18 am
Wallah…..teeny area bukqn ane Aja toh….
April 9, 2014 at 6:36 am
gan… kalo mtr jrg d pke … cma wkt ngreyen .. soalnya d tgl d kmpg ..
skrg . cma d stater tyap pagi gmn tuh y… ngaruh g m mesin . aki dll
bru prtma nh soalnya
mksh gan …
salam plat AA
April 10, 2014 at 3:21 am
hahaha, malah awet masbro…yg penting kalo masanya ke bengkel yah kebengkel sih…biar di check….toh yg penting kita dah usaha
July 20, 2014 at 1:17 pm
saya aja pakek mio j dari 2012 bulan november
udah gonta-ganti accu 4×
irit sih ok
tp klo accu boros…???
hahahaa…..sama aja bohong
August 15, 2014 at 1:04 pm
adek saya baru sekali…umur satu tahun….