Segera pasang alaram di kendaraan anda, Modus Baru mencuri dengan Starter Switch!!!

Posted on Updated on

Pagi masbro…..( nulisnya pagi nih)…
Pagi-pagi dapet Line tentang modus baru pencurian kendaraan, makasih masbro yana…
yuk kita kupas- satu persatu….
sebenernya alarm switch itu sebenernya apa sih gunanya, yup gw bukan anak tehnik, so gw cari aja digoogle, kalau ada yang salah mohon di bantu masbro…

Berikut ini cara kerja sistem starter yang bertugas menyalakan mesin mobil anda saat pertama kali mobil anda digunakan :
1. Ketika anda memutar kunci mobil ke posisi start. Voltase dari aki akan menjalar ke rangkaian kontrol starter dan mengaktifkan starter solenoid. Ini akan memberi daya di motor starter. Kemudian, motor starter ini akan menyalakan mesin.
2. Starter hanya bisa dioperasikan ketika transmisi otomatis diatur ke park atau netral, tau jika menggunakan transmisi manual, saat pedal kopling ditekan. Karena itulah, ada switch keamanan netral yang ada ditransmisi otomatis atau di pedal kopling.
Ketika transmisi otomatis tidak sedang di posisi park atau netral, atau saat pedal kopling tidak ditekan. Saklar keamanan netral ini terbuka sehingga relay starter memutus rangkaian kontrol dari starter yang mengakibatkan starter tidak bisa dilakukan.

nah begitulah kira-kira kerja sistemnya…adapun modusnya itu adalah:

foto ilustrasi
foto ilustrasi

seorang spesialis pencuri kendaraan roda empat atau mobil dengan mengungkapkan modus merusak pintu dan mengganti kunci mobil dengan kunci baru yang sudah disiapkan sebelumnya, Pencurian mobil jenis tertentu kini bisa dilakukan lebih mudah. Dengan menggunakan alat bernama starter switch, Jadi kunci asli dicopot, diganti kunci baru (starter switch),Jadi, sekarang enggak pakai letter T lagi, pakai starter switch mesin, sambung kabel bisa langsung nyala. Kalau pakai ini lebih cepat dibanding letter T. Sasaran pelaku mobil pikap, Suzuki Carry atau mini bus, yang mudah dijual. Satu mobil dijual dengan harga antara Rp4 juta sampai Rp10 juta kepada para penadah. Pelaku menjual mobil curian secara utuh atau dikanibal kepada penadah.Ini mobil yang dimiliki banyak orang di pinggiran Jakarta dan daerah. Orang butuh spare part-nya. Biasanya, kendaraan ini dipakai untuk angkot.

Di salah satu bengkel di bilangan Blok-M, sejumlah montir mengetahui adanya alat starter switch itu. “Pakai alat ini, kerusakan di starter atau mesin jadi berkurang. Jadi ada tombol begitu, tidak perlu diputar-putar kuncinya,” ujar salah seorang montir yang menolak disebut namanya. Makanya, kata ia, alat ini banyak dijual di pasaran dengan harga sekitar 200-400 ribu, tergantung jenis mobil.
Ia mengatakan tak tahu bila alat itu dipakai pelaku kejahatan untuk membobol mobil. “Tapi mungkin saja, kalau tidak dipasang rapi. Cuma butuh sambung kabelnya ke starter baru, ditekan tombolnya, mobil bisa nyala,” ujar ia.

aware: yang perlu dipelajari adalah saat ini baru mobil-mobil lawas yang menjadi inceran bisa kemungkinan akan berkembang ke mobil baru atau kekendaraan roda dua…kan..jadi kudu ati2 masbro..

sumber: otomotifselkid, detik, beritasatu, yahoo, google, tribun news.

13 thoughts on “Segera pasang alaram di kendaraan anda, Modus Baru mencuri dengan Starter Switch!!!

    Adhitya Ramadian said:
    February 20, 2014 at 9:30 am

    pasang saklar tambahan, tersembunyi

      wisnu3ds responded:
      February 20, 2014 at 9:39 am

      satu alaram aja cukup kali masbro…asal dicongkel bunyi atau gerakan2 aneh…

    Mas Sayur said:
    February 20, 2014 at 9:46 am

    waduh,rek…
    dunia “permalingan” ada kemajuan nek ngunu 😉 😦

      wisnu3ds responded:
      February 20, 2014 at 10:47 am

      hiks…

    potretbikers said:
    February 20, 2014 at 9:51 am
    aripitstop said:
    February 20, 2014 at 11:56 am

    nyimaks belajar jd maling

      wisnu3ds responded:
      February 20, 2014 at 1:20 pm

      halah…wes jualan spartpart wae masbro….

    mariodevan said:
    February 20, 2014 at 2:17 pm
      wisnu3ds responded:
      February 20, 2014 at 3:32 pm

      aman lah masbro….kan mobil mode baru…

    Tri_Aja_Gunung_Kidul said:
    February 21, 2014 at 6:47 am

    brarti malingnya dah apal wiring instalasi kabelny tuh..setiap merk beda2 to…..
    kurang lebih berarti potong kompas power input dan output stater lewat switch stater

      wisnu3ds responded:
      February 21, 2014 at 6:53 am

      wah gw gak nyampe situ masbro….karena kalo di detik ada ulasan sekarang baru seputar suzuki carry dan mobil box yang sejenis….belom mencapai mobil baru….tau ndiri maling jago2….bisa ada perkembangan kendaraan lebih baru kan…

    orong-orong said:
    February 21, 2014 at 7:02 am
      wisnu3ds responded:
      February 21, 2014 at 7:05 am

      walah…

Komentar masbro...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s