Telah Meninggal “fungsi” Trotoar kita

Posted on

hahaha, judulnya lebay yah…ya…ya…nih mohon dibaca yah para pengendara dan para pedagang yang tidak tahu apa tuch fungsi trotoar…

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.
Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar.

foto twitter detik.com
foto twitter detik.com

Gw sendiri pernah miris ngeliat pejalan kaki yang kesenggol ama pemotor, dua-dauanya terlibat adu argumen panas, walu akhirnya bubar…ck..ck..ck…siapa yah yang otaknya kecil dan otaknya besar…upss, Gw beruntung jalurnya yang dilewati hanya sedikit mengalami macet tapi tidak memungkinkan untuk nanjak ke trotoar, dan jalur gw juga gak terlalu jauh jadi tingkat strees di perjalan lebih kecil, bagaimana yang perjalanan yang jauh..siapkan mental dan usahakan tetap fokus dan kepala dingin…gw dulu pernah kok kerja menempuh perjalanan 30km sekali jalan.

foto twitter detik.com
foto twitter detik.com

Dari liat-liat twitter detik.com yang menampilkan foto-foto trotoar, ide yang bagus untuk mengembalikan trotoar sebagaimana fungsinya. Terus Bagaimana Fungsi kita sebagai pemotor, yah usahakan sedikit mungkin buat ngelanggar lalu lintas lah masbro…kitakan “biker” bukan pemotor yang taunya beli dan make, tidak punya empati pada keadaan sekitar…

foto twitter detik.com
foto twitter detik.com

kalo merujuk pada peraturannya
Aspek desain trotoar
kelandaian pada akses yang dilengkapi dengan bolard untuk menghalangi mobil naik ke trotoar
Aspek yang perlu diperhatikan dalam perencanaan/desain trotoar:
– Perbedaan tinggi trotoar dari muka jalan yang tidak terlalu rendah tetapi juga tidak terlalu tinggi karena akan mengurangi kapasitas jalan. Ketinggian dari perkerasan jalan yang disarankan adalah 150 mm.
– Kelandaian pada akses jalan untuk memungkinkan penderita cacat yang menggunakan kursi roda untuk bisa menggunakan trotoar dengan gampang dan mudah.
– Lintasan yang bisa dilewati oleh penderita cacat yang buta.
– Lebar yang sesuai dengan jumlah pejalan kaki yang menggunakan trotoar

foto twitter detik.com
foto twitter detik.com

kalo di Indonesia terutama kota-kota besar kayanya harus 25CM – 75CM yah kaya jalan busway gtu….

ywdalah masbro mbak sis, semoga ada kesadaran dalam diri kita semoga tidak seperti yang lain….

baca juga : https://sabdho.wordpress.com/tag/rip-trotoar/

semoga berguna..enjoy….

credit: twitter Detik.com, wikipedia indonesia

6 thoughts on “Telah Meninggal “fungsi” Trotoar kita

      wisnu3ds responded:
      February 11, 2014 at 7:35 am

      paliiing banget!!!

    extenderjilq.com said:
    February 11, 2014 at 7:43 am

    sampe ditutup gitu trotoarnya..

      wisnu3ds responded:
      February 11, 2014 at 7:50 am

      parbet yah….

    aripitstop said:
    February 11, 2014 at 8:44 am

    tabokin saja om…

Komentar masbro...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s